Thursday, January 27, 2011

matryoshka atau babushka

Dulu, waktu kecil, hanya tahu itu boneka dari Rusia, tanpa pernah tahu apa namanya. Belakangan, karena internet akses makin mudah, wawasan juga semakin terbuka. Sengaja tulis di blog ini, supaya tidak lupa, karena namanya susah juga untuk di ingat :D

Menurut wikipedia berbahasa Inggris, karena versi bahasa Indonesia-nya amat sangat minim penjelasan.
Boneka matryoshka atau boneka babushka adalah boneka bersarang Rusia yang mana satu set boneka terdiri atas beberapa boneka yang semakin berkurang ukurannya, boneka yang lebih kecil di masukkan ke dalam boneka selanjutnya (Russian nesting doll which is a set of dolls of decreasing sizes placed one inside the other).

Design:
Satu set matryoshka terdiri dari boneka kayu terpisah, antara bagian atas dan bagian bawah, agar dapat memperlihatkan boneka yang lebih kecil di dalamnya, yang bisa jadi sama atau berbeda gambar, dan lainnya. Secara tradisional jumlah boneka setidaknya lima buah, tapi bisa jadi lebih, tergantung pada keahlian/keterampilan si pembuat boneka. Belakangan, boneka yang di buat sering berjumlah ganjil, tapi ini bukan suatu ketentuan; sebagai contoh set Zvyozdochkin mempunyain jumlah yang genap. Bentuk boneka ini hampir berbentuk silinder dengan bagian atas yang membulat, bagian bawah rata , dengan atau tanpa sedikit bagian yang menonjol; boneka ini tanpa tangan (tangan hanya dalam bentuk 2D/di gambar). Secara tradisional boneka paling luar adalah perempuan berpakaian sarafan. Boneka di dalamnya bisa lelaki atau perempuan; boneka terkecil dan terdalam biasanya bayi yang di buat dari potongan kayu (dan tidak bisa di buka lagi). Keterampilan seni terletak pada melukis setiap boneka yang bisa jadi amat sangat rumit.
Boneka matryoshka sering menggambarkan tema-tema tertentu, misalnya gadis petani dengan pakaian tradisional, namun temanya bisa apa saja, bisa dari tokoh cerita rakyat/dongeng sampai tokoh pemimpin Soviet.

Sejarah:
Pertama kali di buat tahun 1890 oleh Vasily Zvyozdochkin dan di desin oleh Sergey Malyutin seorang pengrajin rakyat di Abramtsevo estate of the Russian industrialist and patron of arts Savva Mamontov. Satu set boneka pertama itu di lukis oleh Malyutin sendiri. Malyutin terinspirasi oleh set boneka kayu dari Jepang yang menggambarkan tujuh dewa keberuntungan(Seven Lucky Gods). Boneka Malyutin waktu itu terdiri atas delapan boneka, boneka terluar adalah gadis memegang ayam jantan, lima boneka di dalam adalah gadis, boneka ketujuh adalah anak laki-laki, dan boneka terakhir yang paling dalam adalah bayi.
Tahun 1900, istri Savva Mamontov mengikut sertakan boneka ini di World Exhibition - Paris, dan boneka ini mendapatkan mendali perunggu. Segera setelah itu boneka matryoshka banyak di buat di beberapa tempat di Rusia. Berikut gambar matryoshka pertama yang di buat oleh  Zvyozdochkin and Malyutin.














Konsep boneka matryoshka ini sering di gunakan sebagai contoh pola, yang dikenal sebagai "matryoshka principle" atau "nested doll principle". Yang merupakan pengenalan hubungan dari "obyek di antara obyek yang mirip" ("object-within-similar-object") yang sering muncul pada banyak pola obyek alami dan obyek buatan manusia.
Salah satu contohnya "The onion metaphor". "The onion metaphor" adalah kemiripan sifat. Jika lapisan terluar bawang di kupas, maka bawang yang serupa berada didalamnya. Struktur ini diterapkan oleh para perancang, misalnya lapisan baju atau rancangan meja, yang mana meja yang lebih kecil berada di antara meja yang lebih besar dan meja yang lebih kecil dari meja tersebut.

No comments:

Post a Comment